Buka Puasa Bareng Guru, Karyawan & Alumni MTsN 2 Gambut

RAMADAN kaya sekali dengan pengalaman-pengalaman berharga, baik pengalaman spiritualitas individu orang per orang maupun pengalaman yang dirasakan secara komunal atau bersama-sama. Memang, disamping berdimensi peningkatan keimanan dan ketakwaan masing-masing individu, ibadah puasa di bulan Ramadan juga memuat dimensi sosial yang kental.
Kita ambil contoh sederhana saja tentang tradisi buka bersama. Berbuka puasa adalah sebuah kebahagiaan yang tak terkira, demikian disebut dalam salah satu dalil. Dan, kebahagiaan ini tentunya lebih terasa apabila buka puasa itu dilakukan secara bersama-sama. Apakah bersama keluarga, kawan dan kerabat, rekan kerja di kantor, anggota organisasi, dan kelompok-kelompok lain. Berbuka bersama dengan orang-orang tercinta seperti di atas, adalah sebuah pengalaman sosial yang sangat berharga yang tak mungkin bisa dirasakan di bulan-bulan yang lain. Kebersamaan yang tercipta jelas tidak sama dengan acara makan-makan bareng di hari/bulan biasa, meski dengan orang-orang yang sama.
Dan, di negeri ini tradisi buka puasa bersama benar-benar hidup. Coba lihat, instansi mana (baik pemerintahan maupun bisnis) yang tidak mengadakan buka puasa bersama bagi seluruh karyawan/pegawainya selama bulan Ramadan? Begitu juga sekolah, yayasan, organisasi dan lain-lain, adakah yang tidak mengagendakan acara buka bersama? Sepertinya ada yang tak lengkap kalau selama satu bulan penuh mereka tidak mengagendakan sama sekali tradisi yang sudah berlangsung sejak bertahun-tahun lamanya ini.
Begitulah buka puasa bersama, sebuah tradisi unik yang selalu jadi pelengkap ibadah puasa kita. Guru dan karyawan MTsN 2 Gambut pun tak mau ketinggalan. Pada Kamis (01/09),juga dilakukan acara buka puasa bareng (Bubar). Seluruh staf dewan guru dan karyawan hadir diharapkan dengan membawa serta anggota keluarganya, seperti istri/suami dan anak-anak. Mereka berbaur dengan alumni MTsN 2 Gambut yang sudah bertebaran di berbagai SMA di Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru, dan Banjarmasin.

2 komentar:

  1. assalamu`alaikum warahmatulahiwabarakatuh. salam hormat ulun gasan guru-guru ulun di MTsN 2 Gambut. ulun alumni MTsN 2 Gambut 1999. mun kawa kena mun ada acara kaya ini lagi mohon diinfokan jauh hari sebelumnya sebab ulun handak banar umpat dalam acara silaturahmi bertemu kakawanan wan jua guru-guru ulun disini. salam hormat ulun gasan bp. marhani,ibu masniyah, ibu rahmah. terima kasih

    BalasHapus
  2. follow GPS blogge
    http://gpsneverdead.blogspot.com/

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar Anda

 
Share on :